Sunday, June 19, 2016

Cina: Indonesia Menembak Kapal Nelayan dan Melukai Satu Orang

Cina: Indonesia Menembak Kapal Nelayan dan Melukai Satu Orang

Beijing – Kementerian Luar Negeri Cina melaporkan Indonesia telah menembak kapal nelayan Cina pada Jumat lalu dan kementerian mengatakan insiden tersebut melukai satu orang. 

Insiden penembakan oleh kapal angkatan laut Indonesia kabarnya dilakukan di dekat kepulauan Natuna, Kepulauan Riau. Dalam pernyataan pada Minggu, , 19/06/2016, Kementerian mengatakan Beijing telah melayangkan protes atas insiden tersebut. 

Cina mendesak Indonesia untuk tidak membuat aksi yang akan mempersulit situasi. Menurut Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Hua Chunying, kapal perang Indonesia telah merusak satu kapal nelayan Cina dan menahan tujuh orang yang berada di kapal.
Cina: Indonesia Menembak Kapal Nelayan dan Melukai Satu Orang
juru bicara Departemen Luar Negeri Cina, Hua Chunying

Penjaga pantai Cina kemudian menyelamatkan nelayan yang terluka dan memindahkannya ke pulau selatan Cina, provinsi Hainan untuk menjalani perawatan. Pernyataan itu tidak menyebutkan nasib tujuh orang yang dikabarkan ditahan otoritas Indonesia.

Angkatan Laut Indonesia mengonfirmasi telah melakukan tembakan peringatan kepada sejumlah kapal berbendera Cina. Kapal tersebut memancing secara ilegal di dekat kepulauan Natuna. Angkatan Laut Indonesia tidak menyebut adanya korban luka ataupun yang ditangkap.

Cina mengaku tidak punya sengketa wilayah dengan Indonesia. Namun Cina mengklaim perairan di dekat kepulauan Natuna merupakan perairan tradisional mereka yang mana sejumlah area bersinggungan dengan zona ekonomi eksklusif Indonesia.


Sumber : Republika.co.id


EmoticonEmoticon

HOT NEWS

Perang Urat Syaraf Ahok, Risma Mulai Bergemuruh