Tuesday, June 21, 2016

Hampir Saja Terjadi Duel F/A-18 Amerika Serikat dengan Su-34s Rusia di Suriah

Hampir Saja Terjadi Duel F/A-18 Amerika Serikat dengan Su-34s Rusia di Suriah
Pesawat tempur F/A-18 Angkatan Laut Amerika Serikat bergegas untuk menghadapi pembom. (Getty Images)

Pesawat tempur Amerika Serikat dan jet tempur Rusia di Suriah hampir saja terlibat “duel”. Saat itu, pesawat F/A-18 Amerika Serikat secara tiba-tiba mendekati jet Su-34s Rusia yang dituding sedang melakukan pengeboman terhadap kelompok oposisi Suriah di sebuah garnisum di At-Tanf.

Untungnya, Su-34s itu menghindar dari area pengeboman ketika pesawat F/A-18 mendekat. Namun, jet tempur Rusia kembali mengebom saat F/A-18 itu pergi untuk mengisi bahan bakar. Melalui saluran komunikasi khusus, pilot Amerika Serikat telah meminta pilot Rusia untuk mundur.
Hampir Saja Terjadi Duel F/A-18 Amerika Serikat dengan Su-34s Rusia di Suriah
Su-34 Rusia mendarat di bandara Latakia, Suriah. (© Sputnik / Dmitriy Vinogradov)

Seorang pejabat Amerika Serikat mengatakan kepada The Los Angeles Times bahwa kejadian itu adalah suatu tindakan mengerikan yang harus dijelaskan. “Pemerintah Rusia juga tidak memiliki kontrol dari kekuatannya sendiri atau itu adalah tindakan yang disengaja, provokatif. Kami sedang mencari jawaban,” kata pejabat itu.


Sementara itu, militer Rusia menolak tuduhan bahwa pihaknya telah sengaja menargetkan pasukan oposisi Suriah yang didukung Amerika Serikat. Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Mayor Jenderal Igor Konashenkov, menjelaskan bahwa wilayah yang ditargetkan dalam serangan itu lebih dari 300 kilometer dari lokasi sebelumnya yang ditunjuk oleh Amerika Serikat sebagai lokasi yang dikendalikan oleh pasukan oposisi Suriah.


Sumber: Sindo News


EmoticonEmoticon

HOT NEWS

Perang Urat Syaraf Ahok, Risma Mulai Bergemuruh