Thursday, June 23, 2016

Presiden Jokowi ke Natuna Tegaskan Kedaulatan NKRI

Presiden Jokowi ke Natuna Tegaskan Kedaulatan NKRI
Dok. Kunjungan Presiden Joko Widodo ke KRI TNI AL

Jakarta – Presiden Joko Widodo akan berkunjung ke Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (23/6/2016) besok. Kunjungan ini dilakukan setelah tertangkapnya kapal China yang mencuri ikan di perairan Natuna, Jumat pekan lalu.

“Ya kita ingin lihat Natuna, terus nanti setelah lihat kita rapat. Nanti kita tahu apa yang kita mau omong,” ujar Menko Pohukam Luhut Pandjaitan di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (22/6/12016)

Luhut Pandjaitan tidak merinci apa yang ingin diketahui oleh Presiden di perairan Natuna. Namun seperti kebiasaan Presiden, hal itu akan jadi masukan penting untuk mengambil keputusan atau kebijakan selanjutnya.

“Tadi Presiden sampaikan setelah meninjau kita akan berikan keterangan di sana,” ujar Luhut. Seskab Pramono Anung mengatakan kunjungan Presiden Jokowi ke Natuna akan didampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Menko Polhukam Luhut Pandjaitan, Menlu Retno Marsudi dan para kepala staf TNI.

“Natuna adalah wilayah NKRI, itu sudah final. Maka dengan demikian sebagai seorang kepala pemerintahan dan kepala negara, Presiden ingin memastikan bahwa Natuna adalah bagian dari kedaulatan RI,” ujar Pramono.

Sebelumnya, TNI AL menangkap kapal berbendera China, Han Tan Cou 19038, beserta tujuh awak kapal. Kapal itu salah satu dari 12 kapal yang mencuri ikan di kawasan Natuna. Dalam penangkapan kapal tersebut, Kapal Coast Guard China sempat meminta Han Tan Cou dilepaskan.

Namun, permintaan itu tidak digubris. Dalam protes yang dimuat kantor berita Prancis AFP, jubir Kemlu China mengatakan, perairan Natuna termasuk wilayah penangkapan ikan tradisional mereka sehingga penangkapan tersebut melanggar hak.

Sementara itu, seperti dikutip dari Kantor Berita Xinhua, Tiongkok menyebut status Natuna masih belum jelas karena diklaim oleh Tiongkok dan Indonesia.


Sumber : Kompas.com dan Detik.com


EmoticonEmoticon

HOT NEWS

Perang Urat Syaraf Ahok, Risma Mulai Bergemuruh