Thursday, June 23, 2016

Indonesia Memasuki Era Penginderaan Jarak Jauh Setelah Satelit Lapan-A3 Berhasil diluncurkan

Indonesia Memasuki Era Penginderaan Jarak Jauh Setelah Satelit Lapan-A3 Berhasil diluncurkan

Bogor – Satelit Lapan-A3 buatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil diluncurkan dari Sriharikota, India menuju orbit di luar angkasa, Rabu (22/6/2016).

Diluncurkan di Tanah Hindustan pada pukul 9.25 pukul 10.55 WIB, Satelit Lapan-A3 telah mengangkasa di orbit polar setinggi 500 kilometer. Roket PSLV-C34 India membawa 20 satelit sekaligus ukuran kecil. Selain Lapan-A3 dari Indonesia, 19 lainnya dari Kanada, Jerman, dan Amerika Serikat. 

Siaran live streaming dari India diselenggarakan di Pusat Teknologi Penerbangan Lapan di Rumpin, Bogor, dihadiri Thomas Djamaluddin selaku Kepala Lapan, Duta Besar India untuk Indonesia Negcha Lhovum, serta Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Satelit Lapan-A3 menjadi muatan keempat yang diluncurkan satelit India. Sekitar pukul 11.15 WIB setelah dua satelit asing lain dilepaskan dari roket, satelit Lapan-A3 pun melakukan separasi dan mengangkasa di orbit polar setinggi 500 kilometer.
Satelit Lapan A3

Satelit ini akan menjadi ‘mata’ bagi perairan kawasan utara dan selatan. Satelit Lapan-A3 membawa muatan penginderaan jauh satelit dengan 4 bands multispectral imager dengan resolusi 16 meter dan lebar swath 100 kilometer.

“Rabu malam sekitar pukul 21.30 WIT dilakukan kontak pertama dengan A3 dari Biak, Papua,” ujar Thomas kepada sejumlah media. 

Setelah mengangkasa di ketinggian 500 kilometer, Lapan-A3 akan mengorbit Indonesia sebanyak 4 kali dalam sehari. Satelit mini berbobot 115 kilogram ini bertugas memantau kondisi maritim, pertanian, dan medan magnet Bumi.


Sumber : CNNIndonesia.com


EmoticonEmoticon

HOT NEWS

Perang Urat Syaraf Ahok, Risma Mulai Bergemuruh