Friday, May 27, 2016

Eva Sundari: Kebiri Bisa Bikin Predator Bunuh Diri dan Menjadi Psikopat

Eva Sundari: Kebiri Bisa Bikin Predator Bunuh Diri dan Menjadi Psikopat
Politikus PDIP Eva Kusuma Sundari. (Okezone)


JAKARTA - Hukuman kebiri diyakini bisa membuat pelaku kejahatan seksual terhadap anak (Predator) depresi lalu bunuh diri.‎ Selain itu, hukuman kebiri itu juga dianggap bisa membuat predator anak menjadi psikopat.

Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Eva Kusuma Sundari berpendapat, hukuman kebiri memiliki efek kurang baik.‎ "Kebiri itu bisa jadi psikopat, bisa jadi depresi terus bunuh diri,‎" ujar Eva Kusuma di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (27/5/2016).

Dia memberikan contoh seorang pemecah sandi pada Perang Dunia II, Alan Turing yang bunuh diri setelah menjalani hukuman kebiri di Inggris tahun 1952, karena berlaku homoseksual.‎ "Kayak Alan Turing si penemu sandi Jerman, sehingga sekutu menang itu kan Alan Turing. Tapi karena dia gay dikebiri, bunuh diri," imbuhnya.

Maka itu, dia berpendapat, hukuman kebiri ‎tidak efektif membuat jera pelaku kejahatan seksual terhadap anak.‎ "Karena kan kalau kita melihat yang satu nanti dikebiri, sementara potensial predator yang lain diapain?" ucapnya.

Namun, Eva sepakat dengan adanya pemberatan hukuman bagi predator anak, sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.‎

"Aku setuju pemberatan, mungkin 100 tahun lah, tapi jangan sampai kemudian melakukan hal-hal yang menjadi kuasa Tuhan," ucapnya. Dia juga yakin bahwa Fraksi PDIP akan menerima Perppu Perlindungan Anak itu untuk dijadikan sebagai undang-undang.‎ 

"Karena itu sudah putusan presiden, apalagi Pak Menkumham menjelaskan bahwa semua pro dan kontra, plus dan minus sudah disajikan dan itu adalah pilihan terbaik saat ini," pungkasnya.




Sumber : SINDONEWS.com



EmoticonEmoticon

HOT NEWS

Perang Urat Syaraf Ahok, Risma Mulai Bergemuruh