Tuesday, May 31, 2016

Tiongkok Tak Tertarik Perang Dingin ala Amerika Serikat

Tiongkok Tak Tertarik Perang Dingin ala Amerika Serikat



Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying, mengatakan bahwa Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Ashton Carter, memiliki mentalitas Perang Dingin. Namun, dirinya menegaskan bahwa Beijing tidak tertarik “Perang Dingin ala film Hollywood” yang disutradarai Amerika Serikat.

”Memang, ada beberapa (pejabat) di Amerika Serikat yang tinggal secara fisik di abad ke-21, tapi pikirannya terjebak di era Perang Dingin. Tiongkok tidak memiliki kepentingan dalam bentuk apapun dari Perang Dingin, tidak pula kami tertarik memainkan peran dalam sebuah film Hollywood yang ditulis dan disutradarai oleh pejabat militer Amerika Serikat tertentu. 

Namun, Tiongkok tidak takut dan akan melawan setiap tindakan yang mengancam dan merusak kedaulatan dan keamanan Tiongkok,” ujar Hua Chunying, Selasa (31/05). 

Pernyataan Hua tersebut sebagai balasan atas komentar Carter yang mengatakan bahwa Tiongkok berisiko menciptakan “tembok besar isolasi diri” melalui ekspansi militer di Laut Cina Selatan dan dugaan peretasan terhadap perusahaan-perusahaan Amerika Serikat.

Carter menyatakan bahwa Amerika Serikat terus merasa khawatir tentang tindakan Beijing di Laut Cina Selatan yang disengketakan, di mana Tiongkok telah mengklaim hampir seluruh wilayah kawasan itu.




Sumber: Sindo News


EmoticonEmoticon

HOT NEWS

Perang Urat Syaraf Ahok, Risma Mulai Bergemuruh