Friday, May 27, 2016

TNI AL Berencana membangun Pangkalan Laut di Teluk Ratai

TNI AL Berencana membangun Pangkalan Laut di Teluk Ratai



Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) berencana membangun pangkalan laut baru yang akan berada di teritorial Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar). Pangkalan laut itu akan dibangun di Teluk Ratai, Lampung.

Panglima Armabar, Laksamana Muda (Laksda) TNI Achmad Taufiqoerrochman, mengatakan bahwa pangkalan laut baru tersebut akan menunjang kekuatan maritim di Indonesia. “Bukan saja untuk menjaga kedaulatan dan kejayaan maritim, tetapi juga sebagai bentuk tanggung jawab Koarmabar dalam menjaga keselamatan pelayaran dan keamanan maritim,” ujar Laksda Taufiq, Jumat (27/05).

Laksda Taufiq menjelaskan bahwa Indonesia merupakan pusat perlintasan perdagangan dunia, khususnya di perairan Laut Natuna, Selat Malaka dan Samudera Hindia. Dengan situasi tersebut, Indonesia menjadi negara penting bagi dunia internasional. Ia pun yakin, pembangunan pangkalan laut baru di Teluk Ratai akan menjadi jawaban atas situasi maritim yang ada.

Sementara itu, Tim Pengkajian Institut Teknologi Bandung telah mengkaji pembangunan pangkalan laut itu. Hasilnya pun telah dipaparkan di depan Laksda Taufiq, hari Jumat ini (27/05). Paparan itu disampaikan dalam bentuk naskah feasibility study, maket brankat dan simulasi tiga dimensi.




Sumber: Kompas.com


EmoticonEmoticon

HOT NEWS

Perang Urat Syaraf Ahok, Risma Mulai Bergemuruh