Thursday, July 21, 2016

Pengadaan Alutsista, Pemerintah Ubah Pola Belanja Menjadi Investasi Pertahanan Indonesia

Pengadaan Alutsista, Pemerintah Ubah Pola Belanja Menjadi Investasi Pertahanan Indonesia
Presiden Joko Widodo memeriksa Panser Badak buatan PT Pindad di sela-sela acara Rapat Pimpinan TNI TA 2016 yang diselenggarakan pada 16-18 Desember 2015 di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. (ANTARA/Yudhi Mahatma)

Pemerintah Indonesia tengah berfokus terhadap pengadaan alat utama sistem senjata (Alutsista) untuk memenuhi postur kekuatan pokok minimum pada tahun 2024. Untuk itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta sudah ada kerangka modernisasi Alutsista TNI yang terlihat pada tahun 2019.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa banyak negara yang memberikan penawaran kerja sama, mulai dari desain bersama yang memungkinkan hak cipta atas Alutsista baru hingga realokasi berbagai fasilitas produksi dari negara-negara produsen ke Indonesia. 

Oleh karena itu, Presiden mengharapkan berbagai tawaran kerja sama itu dapat dioptimalkan untuk menghasilkan terobosan baru. Terkait pengadaan Alutsista, Presiden meminta agar dimulai dari interaksi antara pemerintah dengan pemerintah guna memangkas adanya biaya perantara. 

“Memangkas perantara yang saya kira di situ adalah kecenderungan mark up harga, dan proses G to G ini akan memperkuat pakta integritas untuk membentuk zona toleransi nol terhadap praktik-praktik korupsi yang ada di negara kita,” ujar Presiden Jokowi saat rapat terbatas mengenai pengadaan Alutsista di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (20/7).

Presiden Jokowi juga menegaskan agar pengadaan Alutsista memperhatikan pendekatan daur hidupnya hingga 20 tahun ke depan. “Tidak boleh lagi kita membeli pesawat tempur tanpa berhitung, tanpa berkalkulasi,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden menekankan adanya terobosan baru untuk mengubah pola belanja Alutsista menjadi investasi pertahanan Indonesia ke masa depan.


Sumber: antaranews.com dan kompas.com


EmoticonEmoticon

HOT NEWS

Perang Urat Syaraf Ahok, Risma Mulai Bergemuruh