Friday, July 15, 2016

Menkopolhukam: Badan Cyber Nasional Mungkin akan dibentuk Bulan Depan

Menkopolhukam: Badan Cyber Nasional Mungkin akan dibentuk Bulan Depan
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut B Panjaitan memberikan keterangan kepada wartawan dalam kunjungannya ke Graha Kepulauan Riau, Batam, Kamis (18/2/2016). (KOMPAS/KRIS R MADA)

Setelah sebelumnya dikabarkan tidak jadi dibentuk, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa pembentukkan Badan Cyber Nasional (BCN) kemungkinan akan dilakukan pada bulan Agustus mendatang.

“Mungkin bulan depan BCN sudah jadi,” ujar Luhut di Kantor Badan Pengawas Pemilu, Jakarta, Kamis (14/7).

Luhut menjelaskan bahwa proses pendirian BCN telah memasuki tahap akhir atau finalisasi, sehingga lembaga yang pembuatannya sudah direncanakan sejak tahun 2015 itu akan segera hadir.

Rencana pembentukan BCN dilatarbelakangi banyaknya serangan siber ke Indonesia. Serangan itu sebagian besar karena aktivitas malware, serangan akibat adanya celah keamanan, kebocoran rekam jejak, serta serangan melalui password harvesting atau phising.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, mengatakan bahwa pemerintah batal membentuk BCN demi penghematan anggaran.

“Kalau pembentukan badan baru kita sedang moratorium pembentukan badan, sehingga kita mencari lembaga mana yang memiliki kemampuan, fasilitas, SDM yang bisa diberikan tugas juga menangani masalah cyber,” ujar Yuddy di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Selasa (21/6/2016).


Sumber: antaranews.com dan kompas.com


EmoticonEmoticon

HOT NEWS

Perang Urat Syaraf Ahok, Risma Mulai Bergemuruh