Tuesday, May 31, 2016

Ibadah Haji Tahun Ini Tanpa Warga Iran

Ibadah Haji Tahun Ini Tanpa Warga Iran



Iran dan Arab Saudi saling tuding terkait penyelenggaraan ibadah haji. Dari pihak Pemerintah Iran menuding Arab Saudi menghalangi kedatangan jemaah Iran ke ke tanah suci mekkah. Iran pun memilih tidak akan mengirimkan warganya untuk menunaikan ibadah haji.

“Setelah dua rangkaian perundingan tanpa hasil apapun karena halangan dari Saudi, jemaah Iran disayangkan tidak bisa mengambil bagian dalam ibadah haji, mulai bulan Juni,” kata Menteri Kebudayaan Iran, Ali Jannati. 

Sementara Arab Saudi membantah tudingan Iran tersebut. Pihak berwenang Arab Saudi menyatakan tidak pernah menghambat kedatangan jemaah Iran ke Mekah dalam musim haji tahun ini. 

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Juberi, mengatakan setiap tahun, mereka menandatangani memo kesepahaman dengan sekitar 70 negara ‘untuk menjamin keamanan dan keselamatan jemaah haji’. “Tahun ini Iran menolak untuk menandatangani memorandum,” jelas al-Juberi.

Arab Saudi menegaskan permintaan Iran ‘untuk mengatur jemaahnya sendiri sebagai hal yang tidak bisa diterima’. “Iran menuntut hak untuk mengelola dan mendapatkan keistimewaan yang akan menyebabkan kekacauan selama ibadah haji. 

Hal itu tidak bisa diterima,” lanjut al-Juberi. Tahun lalu, kedua negara bersitegang setelah tewasnya ratusan warga Iran dalam insiden saling dorong mendorong di Mina. Hubungan kedua negara memburuk setelah Arab Saudi mengeksekusi ulama Syiah terkenal, Nimr al-Nimr, awal tahun ini. 

Hal tersebut memicu unjuk rasa besar-besaran di Iran. Arab Saudi akhirnya memutuskan hubungan diplomatik dengan iran setelah terjadinya serangan atas Kedutaan Besar Arab Saudi di Teheran.




Sumber : JakartaGreater.com


EmoticonEmoticon

HOT NEWS

Perang Urat Syaraf Ahok, Risma Mulai Bergemuruh