Monday, July 18, 2016

Gripen dilengkapi Persenjataan Canggih Rudal Taurus dan Meteor, Jet Tempur Alternatif Selain Su-35

Gripen dilengkapi Persenjataan Canggih Rudal Taurus dan Meteor, Jet Tempur Alternatif Selain Su-35


Indonesia hampir dipastikan akan membeli pesawat tempur Su-35 dari Rusia. Namun pembelian tersebut sampai saat ini tidak terdengar lagi kabar beritanya. Entah jadi atau ditunda, atau mungkin malah gagal diakusisi.

Saat ini ada banyak tipe dan varian pesawat tempur intersep dari berbagai negara yang dapat menggantikan armada F-5 Indonesia yang sudah tua. Salah satu yang mungkin bisa dijadikan alternatif adalah JAS-39 Gripen. 

Gripen adalah pesawat tempur serbaguna bermesin tunggal, dengan desain kompak dan performa tinggi yang diproduksi oleh Swedia. JAS-39 dirancang dengan sepasang sayap delta besar dan tambahan sayap canard kecil khas desain Eropa. Pesawat ini memiliki kelebihan pada fleksibelitasnya, dapat mendarat di landasan pacu pendek atau jalan raya sepanjang 800 m. 

Saat dalam misi tempur, Gripen dapat mendarat dan mengisi bahan bakar dan amunisi dalam beberapa menit sebelum kemudian lepas landas lagi dan bertempur lagi. JAS-39 dilengkapi dengan sistem avionik yang paling modern dari Swedia dan Eropa seperti radar pulse Doppler PS-05 / A yang memiliki jangkauan maksimum 120 km. 

Persenjataan standar Gripen terdiri dari 1 meriam Mauser BK-2727mm, rudal udara-ke-udara AIM-120 AMRAAM, rudal AIM-9 Sidewinder dan AGM-65 Maverich. Varian terbaru Gripen E / F dirancang dengan perbaikan peningkatan volume bahan bakar dan daya angkut persenjataan (ada penambahan 2 hardpoint, total menjadi 10 pylon persenjataan). 

Gripen kini juga dilengkapi persenjataan yang terbaru, yakni rudal udara ke udara MBDA Meteor (jangkauan 185 km, kecepatan 4 Mach) dan rudal jelajah Taurus KEPD (jangkauan 350 km, dengan kecepatan 0.98 mach)

Gripen juga diklaim rendah biaya operasinal dan pemeliharaannya – sekitar US$ 4.700 /jam terbang, dan lifetime chassis sampai 10.000 jam terbang. Gripen memang pesawat tempur ringan dengan jangkauan yang lebih terbatas jika dibandingkan dengan Su-35 Rusia, namun dengan avionic dan persenjataan yang super canggih, Gripen adalah salah satu pesawat tempur yang terbaik yang bisa dijadikan pilihan kedua setelah Su-35.


EmoticonEmoticon

HOT NEWS

Perang Urat Syaraf Ahok, Risma Mulai Bergemuruh