Monday, July 18, 2016

PT Pindad Akan Akuisisi Perusahaan Asal Eropa untuk Kembangkan Teknologi dan Supply Chain

PT Pindad Akan Akuisisi Perusahaan Asal Eropa untuk Kembangkan Teknologi dan Supply Chain
Sejumlah panser Anoa ikut dilibatkan dalam kegiatan pengamanan VVIP di Lagoon, Nusa Dua, Bali, Minggu (4/11/2012). Pasukan pengamanan VVIP termasuk perangkat pendukung seperti panser Anoa sudah mulai mengamankan tempat yang akan digunakan dalam Bali Democracy Forum (BDF) ke-V Tahun 2012 yang akan berlangsung di Nusa Dua tanggal 8-9 November 2012. (KOMPAS/ALIF ICHWAN)

Direktur Utama PT Pindad, Silmy Karim, mengatakan bahwa BUMN yang dipimpinnya sedang berusaha untuk melakukan pengembangan teknologi. Untuk itu, Pindad telah berencana untuk mengakuisisi satu perusahaan industri pertahanan di Eropa.

“Mengakuisisi perusahaan asing tidak hanya melulu soal bisnis semata. Tapi juga percepatan teknologi tinggi dan supply chain yang mereka miliki, bisa menjadi kekuatan baru untuk menggenjot kualitas produk kita agar semakin bersaing di industri pertahanan internasional,” ujar Silmy.

Bagi Silmy, terdapat berbagai keuntungan dengan mengakusisi perusahaan asing, mulai dari mengetahui supply chain hingga penguasaan market. Diharapkan, proses akusisi itu dapat selesai dalam waktu satu tahun, dengan pendanaan menggunakan profit Pindad atau pinjaman bank.

Silmy menjelaskan bahwa pembelian sebuah perusahaan industri pertahanan diperlukan guna melakukan percepatan ilmu produk berbasis teknologi tinggi dan bisnis industri pertahanan. Ia mengambil contoh India yang membeli brand otomotif Land Rover. 

Oleh sebab itu, Indonesia harus bisa melakukan lompatan serupa. Silmy menegaskan bahwa peluang bisnis industri pertahanan Indonesia cukup terbuka terhadap persaingan dunia. Menurutnya, Pindad sudah mampu menghasilkan produk militer maupun nonmiliter yang bisa bersaing dan diakui oleh industri pertahanan internasional.


Sumber: okezone.com


EmoticonEmoticon

HOT NEWS

Perang Urat Syaraf Ahok, Risma Mulai Bergemuruh