Monday, July 18, 2016

Untuk Memperingati HUT RI, Kapal Pencuri Ikan Akan Ditenggelamkan di Natuna

Untuk Memperingati HUT RI, Kapal Pencuri Ikan Akan Ditenggelamkan di Natuna
Kapal milik nelayan asing ditenggelamkan oleh TNI Angkatan Laut, di Perairan Anambas, Kepulauan Riau, Jumat (5/12/2014). Sebanyak tiga kapal Vietnam yang ditangkap TNI Angkatan Laut ditenggelamkan sebagai sikap tegas pemerintah Indonesia terhadap aksi pencurian ikan yang merugikan negara hingga Rp 300 triliun per tahun. (TRIBUN BATAM/ ARGIANTO DA NUGROHO)

Pada perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia tahun ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berencana kembali melakukan penenggelaman kapal asing pencuri ikan. Rencananya, penenggelaman itu dilakukan di perairan Natuna, Kepulauan Riau.

“Ada perayaan 17 Agustus kita lakukan tahun ini di Natuna, kita siapkan dengan penenggelaman kapal,” ujar Susi di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Senin (18/7).

Susi menjelaskan bahwa dirinya akan terlebih dulu mengunjungi Natuna pada hari Jumat (22/7) esok. “Jumat ini saya akan ke Natuna untuk siapkan rumah dari nelayan Natuna di sana, fasilitas cold storage. Juga ada peletakan batu pertama, untuk fasilitas detensi untuk tempat penahanan nelayan. 

Kemudian peletakan batu pertama untuk Puskodal (Pusat Komando TNI AL) dan sentra perikanan,” katanya. Sebelumnya, Susi mengatakan bahwa akan kembali menenggelamkan 30-40 kapal asing pencuri ikan usai Idul Fitri. Penenggelaman kapal asing itu dilakukan setelah melalui proses hukum dan dinyatakan inkracht. 

Kapal-kapal itu berasal dari berbagai negara seperti Thailand, Vietnam dan Tiongkok. Sejak dibentuk pada bulan September 2015, Satgas Pemberantasan IUU Fishing telah menenggelamkan 176 kapal pencuri ikan.


Sumber: liputan6.com dan kompas.com


EmoticonEmoticon

HOT NEWS

Perang Urat Syaraf Ahok, Risma Mulai Bergemuruh